Halal Info | (Updated) Kosmetik Halal itu Banyak, Lho!

03 March 2013

UPDATE!! PAC Martha Tilaar Halal MUI
http://cantiknyaqonita.blogspot.com/2013/03/pac-martina-berto-mendapat-serifikasi.html
UPDATE!! Mustika Ratu sudah bersertifikat halal
http://cantiknyaqonita.blogspot.com/2013/06/sertifikasi-halal-mustika-ratu-finnaly-b.html

UPDATE!! Ternyata VIVA Cosmetics sudah Halal MUI Jatim
http://cantiknyaqonita.blogspot.com/2013/06/viva-cosmetics-sudah-bersertifikat.html

UPDATE!! Kosmetik2 Halal Terbaru Mei-Juni
http://cantiknyaqonita.blogspot.com/2013/07/informasi-lengkap-kosmetik-halal-mui.html


Assalamualaikum...^^


Berdandan buat para cewek sepertinya sudah menjadi fitrah. Fitrah seorang wanita memang selalu ingin mempercantik dirinya, secara fisik. Dalam Islam berdandan itu boleh kok, asal jangan berlebihan dan diperhatikan kehalalan produk yang digunakan. Berdandan dengan sesuatu yang masybuh (syubhat), atau yang kehalalannya belum jelas mungkin saja tidak dilarang, meski lebih baik dijauhi. Namun, berdandan dengan sesuatu yang halal adalah lebih baik di mata Allah. Jadi, gak usah ragu untuk menggunakan produk kosmetik yang udah dapet sertifikat halal resmi dari MUI, ya. ^^

Dan kalau dikira produk lokal yang halal itu masih sedikit, jangan salah, lho... produk buatan dalam negeri yang uadah dapet sertifikat halal itu udah banyak! Dan kualitasnnya juga gak usah ditanya lagi.

Mungkin sebagian dari kita udah tahu ya beberapa yg punya logo halal, misalnya Wardah. Tapi gak cuma itu ternyata.

Mau tau apa aja...? 

Check this out

1. WARDAH


Siapa  yang gak kenal Wardah?  Kometik ini dari awal kemunculannya memang sudah melabelkan diri sebagai pelopor kosmetik halal. Wardah itu termasuk merek lama, sejak tahun 1995 produk ini telah ada di pasaran tapi memang belum meluas seperti sekarang.

Setahuku, dulu Wardah cuma dijual di kios-kios kecil aja. Sekarang Wardah lebih mudah didapatkan karena sudah dijual di banyak tempat seperti di departemen store, drugstore dan hipermarket seperti Carrefour dan Hypermart

Line kosmetiknya juga lumayan lengkap. Mulai dari Make-up, Skin care, Body care dan fragrance series. Wardah itu di dominasi dengan warna2 lembut, packagingnya pun warnanyanya soft seperti bitu muda. Love it.

2. SariAyu Martha Tilaar


Sepertinya kualitas produk kosmetik merek lokal yang satu ini sudah tidak diragukan lagi deh, ya? Ditambah Sariayu merupakan pemain lama dalam industri kosmetik. Semakin lengkap lagi kalau Sari Ayu kini telah mendapat sertifikat halal dari MUI pada bulan Maret tahun lalu.Alhamdulillah. 

Macam produk kosmetiknya beragam, sama seperti Wardah. Tapi, aku pribadi kurang suka dengan produk skin carenya, rasanya kurang cocok di wajahku. Yang ku suka adalah produk make-upnya. Rasanya, makin lama kulitas produknya makin baik. Dan yang paling aku suka adalah Tren Warna yang selalu inovatif setiap tahunnya. Tren Warna Sariayu sudah ada sejak tahun 1987 *wow. Tapi, aku sendiri baru mengikuti tren-nya 3 tahun belakangan ini #telatt :p

Sumbernyahttp://www.martinaberto.co.id/default.php?page=martinaberto&id=61&lang=id


3. Caring Colours
Salah satu produknya. Pinky.

Nah, Caring Colours ini merupakan sister line dari produknya Sariuyu. Yang aku suka dari produk ini adalah kemasannya yang didominasi oleh warna PINK! Dan kualitasnya pun gak kalah dengan Sariayu. Sertifikasi halal sudah diterima CC bersaamaan dengan SariAyu. Sayangnyam produk CC sedikit banget ngeluarin seri skincarenya.

Sumber: Sda Sariayu

4. Ristra
Range produk whitening Ristra.

Aku suka banget sama produk skincare dari Ristra! Saking sukanya, ada satu produk yang sudah 5 tahun kupakai tanpa henti! Dan aku makin seneng kalau Ristra sekarang udah mendapatkan sertifikat halal. Alhamdulillah.

Ristra ini didirikan oleh seorang dokter spesialis kulit, yang namanya menjadi singkatan merek yang beliau ciptakan, yaitu dr. Retno Iswari Tranggono, Sp.KK. Produknya lebih menekankan kepada perawatan kulit wajah, meski Ristra pun memiliki produk make-up yang lumayan lengkap.

Selain Ristra, Trustee pun sudah mendapakan sertifikat halal MUI. Trustee sendiri merupakan produk Ristra yang dikhususkan untuk kulit remaja dan dengan harga yang lebih terjangkau.

Sumber: http://www.ristra.co.id/ristra_v4/04aboutristra/SertHalal/Halal.html


5. Inez Cosmetics

Inez-SH
Tidak banyak yang tahu kalau produk lokal yang satu ini sudah mendapatkan SH dari MUI pada tahun 2011 lalu. Kosmetik lokal ini memang sudah terkenal lama dengan produk tatariasnya, meski sebenarnya Inez pun mengeluarkan seri perawatan kulit.
Memang Inez ini tidak banyak kita dapatkan di store besar, biasanya banyak ditemukan di toko-toko kosmetik saja, namun akhir-akhir ini Inez sudah mulai sering menjadi sponsor di berbagai macam acara2 televisi. Tidak menutup kemungkinan Inez akan menjadi seperti Wardah, apalagi sebenarnya kualitasnya memang bagus. Sayang, aku kurang suka dengan kemasannya yang kesannya 'old-school' gitu.
Dan meski aku belum pernah menggunakan produknya, namun aku tahu bagi yang sudah pernah mencobanya banyak yang akhirnya menjadi pengguna setia Inez. 
Sumber: http://www.inez.co.id/about.html



Dulu, La Tulipe yang diproduksi oleh PT. Rembaka ini pernah dipertanyakan kehalalan produknya karena salah satu produk perawatan kulitnya terbukti menggunakan swine placenta alias plasenta babi. Namun itu tidak lama, karena PT. Rembaka langsung mengganti bahan baku swine placenta menjadi phyto-placenta sekaligus mendapatkan sertifikasi halal dari MUI Jatim pada tahun 2009.  (Sumber: Nanung Danar Dono, Dosen Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta. PhD student di College of Medical, Veterinary, dan Life Sciences, Univ. Glasgow, Scotland UK).

Waktu INDHEX (Indonesia Halal Expo) tahun 2012, La Tullipe ikutan jualan, kok. So, gak usah ragu lagi untuk pakai semua produk dari La Tulipe (kesannya kayak ngiklan gini, khehe)

****

Nah, yang diatas itu baru beberapa, lho. Sebenarnya masih ada banyak lagi. Misalnya untuk produk klinik kulit, Larissa dan London Beauty Center (LBC) sudah punya sertifikat halal. Kemudian, merek Enchanteur, Freya, dll. 

Dan aku yakin akan ada banyak kosmetik di Indonesia yang mendapatkan sertifikat halal. Ditunggu saja. Dan mungkin lain kali akan aku update kembali postingan ini.

Thanks for reading, Qonitas! ^^
Love, Momzhak

44 comments:

  1. diantara produk halal di atas aku paling suka sama Caring Colours ktimbang wardah, lipstickny lembut and gak bikin perih bibir aku ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... iya betulll... klo caring lebih lembut... aku juga suka caring lisptick yg seri happy, yg ada moisturizer di tengah lipstiknya, tapi sayang kemasannya rada ringkih... :|
      klo wardah warnanya cakepp2 & pekejingnya kokoh... Tapi rada kering aja di bibir :p :p

      Delete
  2. Baru tahu Make Over halal.. ^^ sayang aku nggak cocok sama Wardah ToT bikin panas dan iritasi.. :( btw thanks atas sarannya di blog aku.. ^^

    lalalovesleep.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. make over sama wardah kan beda ya? walaupun satu produsen tapi kan bahan yang digunakan beda??

      Delete
    2. iya beda. hehe.. maksudnya aku ngomentarin 2 produk itu. Hehehe.. kalimatnya ambigu ya? :p

      Delete
  3. Oriflame gmn mba? Ktnya blm ada SH ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang belum ada SHnya, tapi... Orifame itu bebas kandungan hewani, emang salah satu kosmetik yang cocok untuk para vegetarian... So, bisa dipastikan bebas kandungan babi maupun unsur2 hewan najis lainnya.

      Delete
  4. Produk luar spt revlon blm halal yaa? Pdhl bedaknya oke punya. Tapi ya sudahlah. Cari aman sj hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm tidak SH, apalagi revlon itu tidak animal cruelty free kemungkinan mengandung unsur hewani itu besar... Dan kandungan hewaninya kita gak tahu halal atau tidak. Jadi, masih kategori kosmetik syubhat (belum jelas statusnya, halal atau tidak).

      TIA ^^

      Delete
  5. Assalamu'alaikum.
    Blog-nya bermanfaat sekali, Mbak. Terima kasih ya :)

    Mau tanya juga. Bagaimana kehalalan kosmetik Viva ya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam...

      Terimakasih juga sudah berkunjung ^^

      Kosmetik viva belum mendapat sertifikasi halal. Insya Allah kalau sudah ada, akan diupdate di postingan ini lagi... :D

      Delete
  6. Assalamu'alaykum
    Mbak, terakhir lihat iklan di tv, produk viva sudah ada logo halalnya.
    Waktu itu lihat iklan viva queen dan viva milk cleanser & face tonic-nya. Sudah ada logo halal yang ditampilkan di pojok bawah.
    Jadi nambah alternatif produk skin care dan make-up halal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam..

      Terimakasih ya infonya, berguna sekali...

      Nanti akan ku ricek lagi informasinya dan akan di update di postingan ini... ^^

      Delete
  7. Assalamu'alaikum...
    Mengenai Produk Body Shop gimana...?? halal ga..??...
    oya, bagaimana caranya kita tau kalo produk itu tidak menggunakan bahan hewani...ataupun turunannya..?...
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikum salam...

      The Body Shop meski tidak memiliki sertifikasi halal, tetapi semua produknya animal free & suitable for vegetarian. Produk2 kosmetik yang bebas unsur hewani dan alkohol khamr (tidak semua alkohol itu khamr ) bisa menjadi alternatif kosmetik2 yg sudah bersertifikat halal..

      Ada beberapa cara:
      1. Pahami ingredientsnya. Kalau ini kita harus betul2 paham, karena ada beberapa bahan yang bisa diambil dari hewan maupun tumbuhan (misalnya glyserin).
      2. Cari tahu di website dari produk yg bersangkutan. Apakah produk tersebut menjanjikan produk yg 'Animal Cruelty Free', Vegetarian/Vegan friendly, Animal constituent free dsb...

      Wa Allahu Alam...

      Delete
  8. produk dalam negeri memang rata2 ada label halal, tapi kalau produk luar jarang krn orang di luar ngak perduli juga yang penting mereka cocok pakainya. tapi ada beberapa juga produk luar yang masuk ke indonesia dan pakai label halal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, memang harus begitu memngingat Islam itu yg terbanyak di Indonesia... :)

      Rata2 yg udah dapet label halal dari luar itu makanan, kosmetik setahuku belum ada produk luar yg mencantumkan label halal. Ada beberapa produk kosmetik malaysia yg sudah halal, tapi yg memberi label bukan dari malaysianya melainkan MUI

      Alternatif kosmetik halal juga banyak kok, misalnya kosmetik2 yg vegan/vegetarian friendly.... :) kayak The Body Shop, dsb...

      Delete
    2. kalo e.l.f kira" halal gak ya?

      Delete
    3. e.l.f bisa menjadi alternatif kosme halal karena masuk golongan Vegan cosmetics, insya Allah bebas hewan....

      Delete
  9. Assalamu'alaikum
    hallo kak~
    mau tanya nih, klo skin care yang ada snail mucin-nya gitu boleh gak ya?
    soalnya masih belum ngerti nih, abis baca artikel dari MUI gitu kan, katanya bekicot itu kalo dikonsumsi haram, tapi klo jadi obat atau kosmetika itu jadi mubah. So, boleh dipake gak y?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam....

      Lha, kan kata MUI mubah tho? berarti boleh dipake kalau buat obat dan kosmetik. (mubah = boleh).

      Delete
  10. wow...jadi pengen nyoba wardah nih...
    btw.. maen2 ke blog aku yah...
    http://yuanainer.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. assalamualaikum mbk,klo produk2 unilever kyk ponds halal tidk y?mohn infonya:)
    makasih

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah, aku selama ini susah banget cari blog yang bahas make up halal. Berguna banget mba isi blog nya. Aku arum, aku suka banget beli make up luar, kaya elf, wet n wild, etude, missha, holika dan mereka ga ada sertifikat halal memang. Tapi aku selalu detail liat ingredients dari make up tersebut, ga ada kandungan paraben hewani bahkan ada beberapa yang chemical free. itu gmn ya mba? banyak banget koleksi make up dari luar yang aku punya. Syukron mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, arum...

      kalau wet n wild dan elf setahuku memang vegetarian cosmetics dan vegan cosmetics untuk beberapa produknya, masuk jajaran animal cruelty free cosmetics versi PETA. Tapi kalau kosmetik korea, aku gak jamin deh.... karena yang animal cruelty free hanya beberapa saja, cth dr. Jart. Innisfree pun beberapa produknya bebas animal derivative, tapi gak semua yaaa...

      Kalau urusan chemical, selama kosmetik itu terdaftar, its OK gak ada yg harus ditakuti termasuk paraben. Kecuali kalau kita pakai kosmetik yang gak jelas asalnya, bisa saja pengawet atau zat2 kimia yg ditambahkan melibihi yang diperbolehkan. Itulah gunanya Badan POM, untuk menyortir produk yang layak pakai.

      Delete
  13. Yay! Berarti in shaa Allah aman ya mba wet n wild dr kandungan hewani.soalnya udh jatuh cinta banget sm wet n wild, elf, mbaa hihi. Mba minta cp nya boleh? Aku pingin banget banyak share

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cp apa nih maksudnya? Kalau email silahkan kirim ke mamazhavira@gmail.com

      Kalau kaya no tel, pin bb, wa, wah aku gak biasa ngasih...

      Delete
  14. Yah jd cm bs komunikasi di blog sm email ini ya mba. Oke gpp lahh, aku terus pantau blog mba supaya tau up date update an make up halal yg lain ^_^

    ReplyDelete
  15. Mbag kalo maybelline gimana
    Coz q suka paake mascara nya

    ReplyDelete
  16. untuk produk kosmetik olay bagaimana ya mbak.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Olay dan produk P&G lain belum mendapat sertifikasi halal...

      Delete
  17. lbc halal mbak? boleh minta sumbernya? terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  18. lbc halal mbak? boleh minta sumbernya? terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. mbak, klo pixy kira2 aman gak ya? belum ada sertifikat halal sih :(

    -ambar-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dibilang aman ya aman, kan udah terdaftar di balai POM. Kalau masalah halal atau enggaknya itu yg jadi pertanyaan, karena kosmetik PIXY belum pernah mengajukan sertifikasi halal ke lppom MUI.

      Delete
  21. kalau ada instansi yang memberi jaminan/sertifikasi kehalalannya, insya Allah halal.

    ReplyDelete
  22. Etude itu halal gak mbak?? Terima kasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum memiliki sertifikat halal resmi, tetapi banyak produk etude yang free animal derivatives.

      Delete
    2. kalo produk liptint etide gimana mbak? butuh bgt infonya terima kasih

      Delete
  23. mba produk revlon halal ngga? aku beli lipstikya da tulisn lecthin nya itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang jelas, Revlon belum memiliki sertifikasi halal resmi, jadi belum bisa menjamin kehalalannya. Kalau lecithin itu setauku dari ekstrak kedelai, bukan animal derivatives.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...