BPOM RILIS KOSMETIK BERBAHAYA 2013 (Dan Opiniku Mengenai Berita Ini)

20 May 2013

Assalamualaikum, Manteman sekalian... ^^

Udah pada tahu belum kalau BPOM udah merilis kosmetik-kosmetik berbahaya 2013?? Kalau belum, silakan cek berita dari kompas.com berikut ini:

Kompas.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM)  kembali merilis 17 produk kosmetik mengandung bahan berbahaya. Ketujuh belas produk ini berasal dari seluruh Indonesia dan merupakan hasil sampling dari 24 ribu produk kosmetik.

"Memang jumlahnya menurun dibanding tahun kemarin yang mencapai 58 produk. Namun nilai bahayanya tetap sama," kata Ketua Badan POM RI, Lucky S. Slamet pada peringatan publik Kosmetika Mengandung Bahan Berbahaya di Jakarta (13/5/13).


Produk yang ada dalam daftar hitam Badan POM sebaiknya tidak digunakan karena berbahaya bagi kesehatan. Ketujuh belas produk ini beredar tanpa ijin BPOM dan mengandung merkuri, hidrokinon, asam retinoat, dan resorsinol. Selain di jual di toko kosmetik, beberapa produk dijual di klinik kecantikan dan toko online.

Merkuri adalah bahan terlarang dalam kosmetik. Tingkat radiasinya yang tinggi menjadikan bahan ini sebagai salah satu faktor pemicu kanker. Sedangkan hidrokuinon memang digunakan untuk pemutih kulit namun penggunaannya harus dengan resep dokter. Penggunaan berlebihan akan memicu iritasi kulit.

Sementara itu penggunaan asam retinoat dikhawatirkan akan mengikis permukaan kulit. Pengunaan bahan ini harus dengan resep dokter, bahkan bahan ini tidak boleh dipakai dalam obat karena bisa menimbulkan cacat janin.

Daftar ketujuh belas produk kosmetika berbahaya:
Kosmetika merek Tabita:
1. Tabita Daily Cream
2. Tabita Nightly Cream
3. Tabita Skin Care Smooth Lotion

Kosmetika Merek Green Alvina
4. Herbal Clinic "Green Alvina" Walet Cream Mild Night Cream
5. Green Alvina Night Cream Acne

Kosmetika Merek Chrysant
6. Chrysant 24 Skin Care Pemutih Ketiak
7. Chrysant 24 Skin Care Cream Malam Jasmine
8. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1
9. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.2
10. Chrysant 24 Skin Care AHA Toner No.1

Kosmetika merek Hayfa
11. Hayfa Sunblock Acne Cream Natural Pagi-Sore
12. Hayfa Acne Morning Pagi-Sore

Kosmetika Merek dr. Nur Hidayat,SpKK
13. Acne Lotion dr. Nur Hidayat,SpKK
14. Cream Malam Prima 1 dr. Nur Hidayat,SpKK
15. Acne Cream Malam dr. Nur Hidayat,SpKK

Kosmetika Merek Cantik
16. Cantik Whitening Vit. E Night Cream
17. Cantik Whitening Vit. E Day Cream.
Nah... itulah artikel mengenai Kosmetik Berbahaya 2013. Kalau mau cek, silakan klik kompas.com yang ada di awal paragraf.

Kemudian....

Opiniku menanggapi berita dari kompas.com

sumber
  • Pertama, Alhamdulillah akhirnya kosmetik-kosmetik yang emang udah dicurigai berbahya 'diciduk' juga sama BPOM. Misalnya Tabita, Green Alvina.
    Emang sih, konon Green Alvina itu udah dapet sertifikasi halal dari LPPOM MUI Daerah (bukan pusat, klo gasalah MUI Jatim, CMIIW). Padahal, yang namanya halal itu gak cuma bebas unsur babi saja, melainkan juga Thayyibah alias baik/gak membahayakan. 
  • Kedua, kosmetik itu harus betul-betul bebas dari segala macam logam berat, salah satunya ya Merkuri/Raksa/Hg. Raksa ini sekali masuk, akan sangat sulit untuk keluar. Jadi, kemungkinan untuk menumpuk itu besar banget kalau kita terus-menerus pake kosmetik bermerkuri.

Gak cuma kosmetik, beberapa jenis ikan harus dikontrol konsumsinya
Sumber: pada gambar.

Btw, Sebenarnya yang harus diwaspadai dari Hg ini gak cuma dari kosmetik melainkan dari makanan laut seperti ikan tuna, makarel, dll. karena beberapa dari makanan lau memang mengandung kadar Hg dalam jumlah kecil.
  • Ketiga,  Hidrokinon/Hq. Hq ini sebenarnya tergolong pemutih yang aman (under 5%). Tapi penggunaannya harus dalam bentuk obat, dilarang keras ada di dalam kosmetik (karena khawatir disalahgunakan). Dan sebisa mungkin obat yang mengandung Hq didapat dengan resep dokter, agar dokter bisa menilai flek di kulit pasien idealnya dikasih pemutih apa. Soalnya gak semua dianosis hiperpigmentasi harus pake Hq. Kalau flek ringan, AHA juga cukup.
    Kenapa lebih baik dengan resep dokter? karena sebagian orang Indonesia itu bandel, males baca brosur obat. Misalnya, dulu pernah ada kasus begini,  ada seorang ibu beli Melanox di apotek untuk mengobati fleknya (melasma), sayangnya dia gak baca brosur, dia cuma tahu kalau itu (Melanox) bisa memutihkan kulit. Sialnya, dia pakai Melanox tersebut siang2, sodara!  Dan apa akibatnya? --> Iritasi kulit parah!! Si Ibu itu kebetulan konsultasi ke poli kulit kelamin tempat ku magang, dimarahin deh abis sama konsulen kita. Kita sih koassnya cuma cekikikan, doh... kok bisa Hq dipake siang2? Huaaa ...T_T
  • Keempat, asam retinoat/tretinoin. Ini juga emang 'haram' ada di kosmetik, yang boleh ada di dalam kosmetik bebas adalah retinol/retinyl palmitate (sama-sama turunan vit.A). Tapi yang bikin bingung dari kompas.com katanya dikhawatirkan bisa mengikis kulit, lha... emang dia keratolitik (eksfoliat kulit ari), kan? Trus, katanya gak bisa dalam bentuk obat karena teratogenik. Iya, teratogenik kalau yang pakai orang hamil atau wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Kalau gak hamil, ya aman saja. Ini kompas.com nya yang salah atau yang ngasih press release rada-rada misleading? Hmm.
    Asam retinoat memang gak boleh ada di dalam kosmetik, tapi boleh dalam bentuk obat dan kontraindikasi  untuk bumil (sebenarnya belum sampai taraf kontraindikasi, melainkan special precaution, Keamanan obat Grade C untuk wanita hamil.--> tapi tetep, emang lebih baik jangan).

    Dan, lagi-lagi, lebih baik didapat dari resep dokter, karena penggunaan yang salah malah membuat kondisi kulit semakin parah
Untuk informasi keamanan tretinoin lebih jelas, silahkan klik drugs.com tentang tretinoin.
  • Kelima. Yang bikin bingung dari artikel kompas.com di atas (atau press release dari BPOM nya), adalah zat resorcinol/resorcin
    Lha, kok resorcinol gak boleh ada di kosmetik? Setahuku Resorcin itu aman, dia sejenis  anti-acne yang mild. Tahu kan ACNES Sealing Gel? Itu mengandung resorcin/resorcinolnya Harusnya, Resorcin bukan termasuk golongan zat yang gak boleh ada di kosmetik seperti Hq dan tretinoin dan bukan zat berbahaya seperti merkuri.

    Tapi, Resorcin seperti obat lain memang memiliki kadar keamanan. Mungkin kosmetik yang terciduk mengandung resorcinol melebihi ambang batas yang diperbolehkan.

    Entahlah, aku belum update lagi. Mungkin memang resorcinol tidak diperbolehkan lagi untuk kosmetik bebas sekarang... :(

    (UPDATED: ACNES SEALING GEL SUDAH TIDAK MENGANDUNG RESORCINOL LAGI SEKARANG! ^^)

Sumber: Rohto
Click to enlarge
  • Keenam, Itu ada krim dr. Sp.KK tapi kok ikut ditarik?  Curiganya sih gini:
  1. Itu bukan dokter Sp.KK beneran/fiktif/palsu/abal-abal. Alias tidak mengantongi izin praktek resmi, atau
  2. Mungkin memang krim dari dr.Sp.KK tapi mengandung merkuri (kalau tretinoin dan hidrokinon boleh dalam pengawasan dokter). Seperti salah satu klinik dokter kecantikan yang sangat terkenal di kalangan para seleb (Dr. Kayama kalau gak salah), yang akhirnya terciduk karena di beberapa krimnya mengandung merkuri. 
Nah, itulah Kosmetik Berbahaya 2013 yang telah dirilis oleh BPOM dan opiniku mengenai berita tersebut. Bagaimana menurut kalian??

Wa Allahu Alam
Love, Momzhak

71 comments:

  1. ya ampun kok bs y acnes jg masuk ? q kira ud msk kategori aman, btw klo acnes yg pore pack tmsk g y mom? sereem aq py soalnya TT__TT

    ReplyDelete
    Replies
    1. Acnes masuk? Tulisan mana ya yg nunjukin klo acnes masuk?

      Aku termasuk yg kurang paham soal kandungan2 nih, Mizha. Jadi aku cuma mau pake merk paten, yg udh bnyk dikenal, bnyk reviewnya, & dijamin aman. Ya semacam sariayu, mustika ratu, acnes, dll.

      Tapi agak prihatin juga sih, masih bnyk yg suka beli kosmetik yg gag jelas gitu. Bener lho banyak. Temenku aja ada, tp dibilangin ga mempan.

      Delete
    2. @Shani hahaha... fast readingnya jangan kecepetan dunk :P... Coba baca lagi yang artikel kompas.com, salah satu bahan yang berbahaya kan KATANYA Resorcinol/resorcin, padahal zat itu setahuku aman, buktinya ACNES Sealing Gel mengandung Resorcinol (Acnes kan aman, terdaftar). Itu maksudnya... ^^"

      @Arum Sip, emang ACNES gak masuk kok... Itu contoh aja kalau zat resorcinol itu aman, tidak seperti yang diberitakan kompas.com

      Kalau merek paten mah InsyaAllah Aman... Sip deh... :P

      Haha... yang gitumah banyak.... :D Tugas kita sebagai blogger memperkenalkan produk2 aman, hahaha... bahasanya.... :P :P


      Delete
    3. ohhh wahahaha, td keburu kuliah makany cepet" baca, g smpt bc tulisan sblmnya :p hihi alhamdulillah syukurlah klo gitu

      Delete
  2. Untung ga kenal sama 17 produk itu...
    Aku ga paham soal kandungan2 dalam kosmetik. Tapi sebelum pakai aku suka baca2. Biasanya aku pakai kosmetik yg udah terbukti aman. Misal dengan baca2 review dari blog orang, kayak blog kamu ini mbak.. hihihi makasih yaaa ^^

    Eh mbak, koas yang cekikikan itu kamu ya? hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iya aku salah satunya.. cekikikannya sih barengan sama 2 temen yg lain, dosa berjamaah...lolll...

      sebenarnya bukan ngetawain pasiennya, dokternya lucu banget waktu marahin ibu2nya... XD

      Delete
  3. aku tuh udah pernah beli tabita tapi untung belum sempet dipake..

    kalo yang green alvina itu padahal di sektor 9 ada kliniknya guede loh..trus cabangnya dimana2, banyak di luar jawa, serem juga yah.. aku juga pernah baca kalo krim walet dari klinik ini termasuk gajebo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha, green alvina malah pernah masuk majalah El-Shinta lho... emang meyakinkan banget kan?? T__T

      Delete
  4. kalo aku perhatiin orang yg pake krim pemutih gitu, knpa bibirnya cenderung merah kehitaman ya? jd serem..

    aku jg gak begitu paham tentang kandungan,, jd acuannya ya BPOM n beli merk yg pasti2 aja deh..

    yg males itu kalo ada temen merasa wajahnya lebih bagus setelah pakai krim2 tertentu, trus dia maksa kita buat pakai juga n ngerendahin produk minimarket yg kita pakai,, huft

    ReplyDelete
    Replies
    1. emm kurang tahu juga. Mungkin emang awalnya sudah kehitaman, tapi karena wajahnya makin putih jadi warna bibirnya kontras dengan kulit. Wa Allahu Alam

      Iyup, beli merek yang pasti2 aja.... ^^

      Hahaha... iya, itu nyebelin banget... Malah temenku ada yang pernah bilang gini ke aku,"daripada beli skincare jumlah banyak, ini-itu, mending pake ini deh... (ngasih tahu merek krim yg gak jelas)... Cuma sepaket, muka udah bagus..."

      kalau aku ya kasih tahu seandainya emang temenku belum tahu. Rata2 pas dikasih tahu reaksinya kaget gitu... Ada yg iya2 akhirnya lepas, ada yang malah nyari2 pembenaran. Nah yg pada ngeyel, aku nyerah deh... gak mau debat kusir soalnya, hehe... :P

      Delete
  5. Alhamdulillah udah rilis kosmetik berbahayanya :D kalo udah jelas-jelas berbahaya dan masih pada ngeyel pake ya keterlaluan bangetlah pokoknya. Jatohnya kayak kasusnya acai berry abc, udah tau bahaya tapi masih tetep dikonsumsi, biar langsing *sigh...

    Tapi dengan isu bpom mulai ngumumin ini itu tentang kosmetik dan skin care berbahaya, aku cek-cek di online shop, produsennya juga pada pinter deh ganti nama. Promosiinnya dengan new formula, komposisi impor dari negara A, diolah di negara B, didistribusi via online (ngga ada toko fisik) -____- padahal hampir semuanya sama aja --> krim kiloan abal-abal bermerkuri hiks. Balik lagi ke pinter-pinternya orang nyari info dan kesadaran untuk stop pake. Karena banyak yang udah jelas-jelas tau bahaya tapi masi dipake *gemes...

    Semoga bpom ngga cuma ngeluarin rilis aja, tapi bisa sampe bikin iklan layanan masyarakat di tv tentang skin care dan kosmetik berbahaya yang gencarnya kayak iklan kampanye capres hihihihihi :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang acai berry dalemnya apa? buah berry? haha gak ngikutin obat pelangsing... aku juga pengen lah langsing kayak sebelum punya anak, tapi belum terpikir sampai ke obat2an....

      sometimes emang yg natural juga punya efek samping yg jelek buat badan... gak semua yg natural itu bagus... Emang harus berdasarkan riset ilmiah dulu baru aman diapke. Misalnya kayak daun ghat, dulu kan ini tumbuhan obat di arab sana... tapi ternyata mengandung katinon yg bisa bikin addict... wa aallahu alam :)

      Haha... kayaknya langsung kebakaran jenggot tuh... Duh, bisa ngos2an deh menyadarkan orang yang udah ketagihan cantik instan, fufufu... padahal kalo mau cantik, kuncinya ya telaten, emang capek dan ribet tapi pasti ada hasilnya... :)


      Eh iya tuhhh harusnya bikin iklan layanan masyarakatt!! Setuju bangettt...

      btw, RDL baby face toner masih aku lihat lho di toko2 kosmetik kaya di itc gitu... itu kan ada tretinoin sama hq nya... mana gak ada peringatan untuk ibu hamil di brosurnya... bahaya banget tuh rdl kalo dijual bebas gitu...

      Delete
    2. Itu lhoo yang suplemen kesehatan yang mencatut nama Oprah :D Oprah emang pernah ngangkat topik kalo buah acai berry itu bagus. Tapi kemudian malah dimanfaatin sama produsen suplemen kesehatan gajebo abc acai berry yg ternyata kandungan aktifnya sibrutamine. Iming-imingnya bisa nurunin berat badan :D

      Aku juga taunya gara-gara ada temenku yang konsumsi abc acai berry, dia bilang Oprah juga minum ini bla bla bla :D trus tau-tau di tv-tv (tahun 2011an) ada berita penggrebekan distributornya abc acai berry indonesia gitulah :))

      Sekitar 2 tahun yang lalu, FDA dan bpom-nya negara-negara lain udah ngeluarin statement kalo abc acai berry itu berbahaya. Di indonesia juga udah sempet digrebek distributornya, tapi toh sampe sekarang masih banyak yang jualan, dan masih banyak aja yang nyariin+konsumsi hih. Sellernya sih tetep ngebelain kalo produknya ngga berbahaya, pake dalih "itu mah yang palsu sist, yang ini yg asli, ada hologramnya" zzzz

      Btw ni link-nya --> http://www.fda.gov/Drugs/ResourcesForYou/Consumers/BuyingUsingMedicineSafely/MedicationHealthFraud/ucm276098.htm

      Ni kumpulan testimoni barisan-sakit-hati alias korbannya, mba --> http://quo-vadis-indonesia.blogspot.com/2011/09/kesaksian-efek-sibutramine-abc-acai.html

      Iyaaaah, kenapa ya bpom indonesia kok ngga seagresif "bpom" negara-negara lain -___- hiks. Aku takutnya kasus skincare green alvina dan tabita ini jatohnya kayak abc acai berry kalo bpom ngga tegas. Soalnya udah banyak banget korban krim gajebo :(

      Jangankan RDL yg jelas bahaya mba :( yang kayak tjefuk, ponds, gitu-gitu aja banyak palsunya di itc-itc gitu. Emang mending beli skin care atau kosmetik di tempat yang kredibel kayak hypermart dkk atau watson dkk :( soalnya kalo beli di itc-itc itu bahaya buat orang yang kurang info dan gampang percayaan. Mbak-mbak itc ngomongnya pinter sih, kalo ditanya ini itu juga ngelesnya licin banget :| *loh kok malah ngomongin mbak-mbak itc hahahahha

      Delete
    3. lha, aku baru baca komenmu ini, ntis... kok gak masuk ke email ku yak??

      Oh... ternyata begitu ceritanya... Owww ngeri amat ada sibutramine nya... itu kan udah dilarang FDA buat obat penurun nafsu makan... BPOM juga udah larang...

      Emang bisa nurunin, tapi efek sampingnya kan ke jantung... Nauzubillah.. :(

      Ho-oh jangan langsung percaya sama toko2 kosmetik di ITC... :(

      Delete
  6. Mizha, tau produk Kelly Pearl Cream nggak? Itu kan ada BPOMnya, tapi kt temen aku yg org farmasi gitu, itu ada kandungan berbahayanya. & yg ngomong bahaya bukan cuma satu. Malah ada pas diskusi di forum gitu juga dibilang bahaya.
    Mau tanya ibukku juga percuma. Bagi ibuku mah sembarang yg ada whiteningnya dia bilang bahaya krn dia ga suka ^^.
    aku sih ga pake & ga ada niat make, miz. Cuma penasaran ajaaa. Siapa tau juga ada falawer nanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau rum... yang krimnya kuning ya? ni krim udah lama banget lho... dulu yang ngasuh aku pake Kelly... aku masih inget banget... padahal itu pas aku baru masuk TK, masih suka digendong2... pas digendong si mbaknya habis mandi kecium deh bau khas krim Kelly, hehe..

      Emang.... aku juga ngerasanya sedikit mencurigakan dan tidak meyakinkan.... Mana murah banget, hehe... Tapi ya kita maen logis aja, jangan terpengaruh dengan anggapan: 'krim kuning pliket itu pasti kosmetik gajebo' . Soalnya nomer pom Kelly ini valid, kok :D

      Kaya anggapan beberapa orang, katanya yang namanya tulljye, tjefuk itu berbahaya. Padah ahal nomer pom valid dan ingredientya jelas2 aman (emang sih, dulu banget tulljye mengandung hidrokinon, tapi setelah ada peraturan Hq gak boleh ada di kosmetik, mereka langsung reformulasi ganti arbutin)

      Trus untuk menyatakan suatu produk yang udah punya izin edar itu berbahaya, harus ada hitam di atas putih. Maksudnya ada hasil lab yang teroercaya. Dan hasil investigasinya bisa di berikan langsung ke BPOM agar ditindak lanjuti. Jadi jangan katanya2 dulu... :P

      Iya rum... beberapa readers di blog lama dulu pernah ada yg nanyain Kelly... ^^

      Kesimpulannya: Kelly ini aman karena punya nopom yang valid. Kalau emang belum yakin, bisa test langsung ke laboratorium untuk diperiksa beberapa bahan berbahaya.

      hth... ^__~

      Delete
    2. akhirny kjwb jg pertanyaanku, hihihi
      aq jg ngereview kelly si mom, tp syukurny si meski murah g perna ad efek sampingny di aku, malah suka bantuin ngempezin jrwt (pnsaran bahan apa sih kok bs bantuin buat ngempezin jrwt)

      Delete
    3. oya mom yg aq bingungkan ad yg bilang si kelly ini ngandung timbal n ps q uji coba pake cincin emas emang si kelly ini menghitam (ms bingung positif ngandung timbal namany jg ms awam >.<)
      hmmm.. benernya timbal itu bahaya g si buat krim yg diolesin ? ==a hihi penasaran >.<

      Delete
    4. eh salah koreksi bukan timbal merkuri maksudny >.<

      Delete
    5. kalau timbal mungkin aja ada, karena dia kontaminan... Produk kosmetik terkenal kayak Maybelline, Loreal, YSL, Revlon, itu dikontaminasi sama timbal.. Tapi itu kan gak disengaja, karena ya timbal itu cuma kontaminan dari zat pewarna.

      Kalau merkuri di kelly gak mungkin lahh... Orang ada noPOMnya... Kalau pom mau ngetes suatu produk kosmetik, pasti yg dites adlah yg paling bahaya dulu yaitu merkuri...

      nah, buat masalah tes pake cincin emas... Ini sebenarnya masih simpang siur... mentang2 emas murni bisa di tes pake air raksa... hehe...

      Masalahnya, emas juga bisa bereaksi dengan logam lainnya... Misalnya Zinc oxide, Titanium dioxide... Dan bisa bereaksi dengan kosmetik yg mengandung wax,,,, Zat2 itu bisa menimbulkan oksidasi/kehitaman pada zat yg digosok emas...

      Wa Allahu Alam...

      Delete
    6. aku kasi link back jd in narasumber buat blog q ya mom, informasi yg amat bermanfaat ^^

      Delete
  7. Iya, denger-denger malah ada skincare dari klinik natash* yng mengandung mercuri, tapi uda ditarik sii (katanya). kok bs ya? padahal kan itu mahal beud, harusnya berbanding lurus dengan keamanannya dong..
    Thx infonya yah

    gitalockwood.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih? setahuku bahan yg diwaspadai dr natasha itu steroid bukan mercury... belum pernah denger beritanya... ^^;;

      Delete
  8. Waaah aku baru tau ada info bgini, untung di sharing^^
    Eh tabita ituu kan krim yg dijual online di situs yg sering kukunjungi, emang mencurigakan deh krim2 dipasaran yg kasi hasil instan T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. konon tabita udah nyampe pasaran malay.... :P

      Delete
  9. Temenku ada lho yang pake krim walet begini.. awalnya aku nanya kok wajahnya makin putih.. pake apa? trus dia tunjukin itu krim walet pagi sama krim malamnya sepaket 200ribu. Isinya putih-putih metalik gitu sama yang satu warna kuning kaya kunyit dan kaya salep yg nyampurnya ga rata.. :'( Waktu kutanya brosurnya dia jawab ga ada. Ya ampuuun... kalo begini, misal kenapa-kenapa yang tanggungjawab siapa doong.. :((

    Aku baru baca juga kemaren, ada lipstik yang lagi populer udah ada fake product-nya. Krim-krim 'luar' juga banyak ga aman. Belom obat kuat, obat pelangsing, makanan.. PR BPOM memang berat. Pun stigma "cantik itu putih" yang bikin pada bingung pengen mutihin wajah & badan juga mesti dikoreksi. Semoga sekalipun pelan, kita semua bisa ikut mengedukasi ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tau tuh... emang cantik harus putih aja apa??? Kalau obat pelangsing, obat kuat dan jamu udah duluan beberapa bulan lalu... Yg disita juga bukan puluhan sama belasan, tapi RIBUAN!! Ngeri...

      Delete
  10. wah postingannya keren dan sangat informatif :))
    bener-bener ngasih pengetahuan yang lebih..
    informasi yang ada di media ternyata blm tentu valid ya.. masih harus pinter2 filter dan nyari info2 lain yg lebih banyak :D
    soalnya kemaren2 masih ragu-ragu ttg tretinoin gara2 berita di kompas.com >.<
    lanjutkan postingan2 yang informatif seperti ini ya mbak :D

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum mbak miz, tetangga saya ada yang pake cream gajebo seperti itu, seperti yg kita ketahui cream gajebo biasanya ga ada brosur, ga tertera ingridientsnya, ga ada keterangan siapa yang produksinya, nah tetanggaku ini lebih parah bahkan cream nya nggak ada MERKnya.. Hasilnya jangan ditanya deh, seminggu kulit dia langsung CLING pake krim abal-abal itu. Gimana cara kasih taunya ya mbak? Secara dia lbh tua dr saya , saya masih anak bau kencur lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wassalamualaikum
      mm,,, biasanya memang sulit memberi tahu yg lebih tua, mereka biasanya baru mau percaya setelah tahu fakta. So, beberkan saja fakta2 orang2 yg merugi setelah menggunakan krim2 gak jelas macam itu. Bilangnya sambil santai2 aja, misalnya: ehh... eh... tahu gak kemaren di tv, ada krim bla... bla... orangnya jadi bla..bla.. ciri krimnya bla... bla..." gitu lah... hehe Sindir aja secara gak langsung.. :) :)

      Delete
  12. di ikan ada merkurinya? :O aku baru tau. infonya bermanfaat bgt ^^
    oiya mau nambahin nih, setau aku resorcin ga boleh ada di kosmetik soalnya resorcin masuk golongan obat. persyaratan kosmetik menurut permenkes ga boleh mengandung obat :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi gak semua... Salmon relatif aman... :) Kerang2an juga... so hati2lah kalau seafood junkie ^^

      Memang betul, dalam permenkes yg mengatur CPKB (cara pembuatan kosmetika yg baik dan benar), gak boleh ada bahan2 yg dilarang dalam pembuatan kosmetik (sesuai dengan peraturan Badan POM) termasuk salah satunya obat. Cuma setahuku gak semua jenis obat gak boleh ada di kosmetik... Ini setahuku lho, mungkin aku belum update informasinya...

      Misalnya AHA, dalam kosmet bebas cuma boleh 1-10%. 10%-70 hanya boleh dilakukan oleh venereolog... Sal. Acid, gol obat juga kan... Hanya boleh (kalau gak salah nih ) under 1%.

      Resorcin memang betul obat. Makanya aku sempet mikir juga, apa resorcin kadar tertentu saja yang tidak boleh ada di kosmetik? Soalnya, resorcin dalam kadar tinggi emang bisa mempengaruhi faal tubuh...

      Kalau emang resorcin (bahkan dengan kadar terendahpun) gak boleh lagi ada di kosmetik, berarti Acnes sealing gel haru Reformulasi secepatnya... :)

      btw, apa kmu punya sumber terupdate rincian obat2 yg gak boleh ada di kosmetik? Share ya... :D



      Delete
  13. thank you untuk info kosmetik bahaya di indonesia...(^_^)
    yuk singgah http://princesscyberdiary.blogspot.com/

    saya juga pernah guna kosmetik sebegitu. tapi setelah kenal sama Shaklee (produk anang & ashanty jadi duta sekarang), saya udah tak guna lagi. produk paling aman. bebas apa2 cosmetic toxic juga pun.

    ReplyDelete
  14. Mba mau tanyaa doonk, aq kn baru mau pk skin care acne series dr wardah,.pas masuk forum ttg skin gitu ada yg ngpost klo paraben itu bisa berbahay buat tubuh sma propylen glycol juga,pdhl kn tercantum d ingre wardah. Itu gmn y?kn wardah udh lolos bpom udh, ato kandungannya masih bisa di tolerir?jadi galau mau dilanjut pake ato engga,pdhl baru beli.niih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, gak usah wardah... coba kamu liat semua skincaremu, bodycare, shampoo, dan produk2 yg ada di supermarket dan drugstore, 98% ada propylene glycol dan paraben kok.

      Kenapa? Karena secara klinis memang masih terbukti aman.

      Tentunya dengan kadar yg diizinkan pengawas obat2an.

      Kita bijak aja melihat permasalahan paraben dan propylene glycol. Kita harus tahu kenapa isu keamanan mereka berdua itu mencuat. Jangan cuma asal tahu, "Oh itu gak aman lho..." Jangan hanya ikut2an, tanpa tahu, dan research apa yg sebenarnya terjadi. Ada alasan yg medasar kenapa paraben itu jadi perbincangan dan membuat banyak orang phobia terutama perempuan

      Paraben itu gak sebahaya yg kamu dan orang2 bayangkan.

      Paraben paling bahaya kalau menimbulkan alergi. Sedangkan kanker dll itu informasi yg misleading. Kamu mau tau kenapa paraben awal mula diisukan berbahaya?

      silahkan baca postinganku yg ini:

      http://cantiknyaqonita.blogspot.com/2012/01/ingredient-bijak-menyikapi-pro-kontra_30.html

      untuk propylene glycol, mereka memang untuk sebagian KECIL orang bisa menimbulkan iritasi.

      intinya, carilah sumber yg terpercaya dan ilmiah.

      Delete
  15. Mba mau tanyaa doonk, aq kn baru mau pk skin care acne series dr wardah,.pas masuk forum ttg skin gitu ada yg ngpost klo paraben itu bisa berbahay buat tubuh sma propylen glycol juga,pdhl kn tercantum d ingre wardah. Itu gmn y?kn wardah udh lolos bpom udh, ato kandungannya masih bisa di tolerir?jadi galau mau dilanjut pake ato engga,pdhl baru beli.niih..

    ReplyDelete
  16. Mba mau tanyaa doonk, aq kn baru mau pk skin care acne series dr wardah,.pas masuk forum ttg skin gitu ada yg ngpost klo paraben itu bisa berbahay buat tubuh sma propylen glycol juga,pdhl kn tercantum d ingre wardah. Itu gmn y?kn wardah udh lolos bpom udh, ato kandungannya masih bisa di tolerir?jadi galau mau dilanjut pake ato engga,pdhl baru beli.niih..

    ReplyDelete
  17. Momz mau nanya niihh, aku kan sebelumnya pake produk dari dokter kecantikan gitu, dan ternyata belum ada label halalnya juga banyak postingan kandungan yang ada di dlm produk2nya itu harusnya gak boleh ada di kosmetik, tapi aku kurang begitu ngertii,, nah kulitku ini termasuk yang gampang bgt gosong klo kena sinar matahari, dan balikin seperti semula butuh waktu berbulan2 T_T, aku pengen ganti nih sama yang halal, sunblock apa ya yang udah terbukti halal atau paling enggak day cream yang bisa ngelindungin kulitku dari sinar matahari tapi yang uda halal??
    thanks momz :)

    ReplyDelete
  18. assalamualaikum,

    mbak saya mau tanya nih, klo kosmetik tull jye itu sebenernya aman ga sih? dari beberapa testimoni pemakai yang saya baca, sebagian bilang aman, sebagian lagi bilang ga aman.
    Salah satu temen saya ada yang pake, dulu kulit mukanya agak sedikit gelap, namun setelah pake tulljye jadi putih dan kinclong. Bisa dibilang BELANG karena warna kulit muka dan kulit lainnya berbeda.
    Klo lihat kemasannya sih, ada sertifikat dr BPPOM. cuma saya sedikit sangsi karena ko bisa sampe sebegitu besarnya perubahan yang ditimbulkan setelah pemakaian krim tulljye ini. Apakah efek putih ini permanen atau sementara aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam...

      Aku paham kok banyak yang berpikiran negatif dengan beberapa produk yang sebenarnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi kemanannya karena sudah lulus uji POM. Seperti tull jye, Kelly, tje fuk, dll...Solanya reader juga udah sering yang tanya,

      Tapi, disini kita main logis aja, jangan main perasaan dan mendengarkan katanya2 orang. Selama suatu produk lulus iji badan POM, sudah dipastikan itu aman. Karena BPOM kerja gak main2, dan mereka termasuk lembaga yang sangat ketat (meski sering kecolongan barang2 ilegal), i dont care orang2 bilang,"Siapa tau disogok, dll" Hei, BPOM itu bukan kerja seorang-dua orang, tapi mega tim yang bukan berasal dari orang2 bodoh. Apalagi yang namanya makanan obat dan kosmetik itu menyangkut kesehatan banyak orang. Kalau mereka berani meloloskan suatu barang berbahaya, tidak mustahil kalau suatu saat akan timbul suatu outbreak, yang pasti akan menyorot satu lembaga. Makanya, kerja mereka gak main2 kan? So, percaya saja apa yang sudah mendapatkan izin dari lembaga tersebut, dijamin keamanannya.

      Dan kalau mau menyatakan bahaya suatu produk yang sudah mendapatkan izin resmi, itu harus ada HITAM DI ATAS PUTIH. Alias, ada bukti yang juga bisa dipertanggung jawabkan didepan hukum (legal), misalnya: HASIL LABORATORIUM. So, kalau sanksi dengan Tull jye, dll coba cek ke laboratorium langsung secara pribadi agar bisa dibuktikan apakah benar ada kandungan yang berbahaya atau tidak. Jangan cuma pake tes2 yang gak ilmiah, seperti membuktikan merkuri dengan emas, dll.

      Agak sedikit gelap terus jadi putih? Hehe, jangan perasangka dulu... Siapa tahu warna kulit aslinya memang putih. Bisa di cek di kulit perut atau paha bagian dalam, itu biasanya bagian terputih kulit manusia (warna asli), kalau wajah, lengan, itu bisa saja lebih gelap karena terpapar sinar matahari. Wajar kan kalau kulit wajah yang lama tidak terawat, terpapar matahari, kemudian mendapat perawatan dan jadi cerah?

      Setahu aku Tull Jye itu kandungannya arbutin (kalau gak salah). Karena dulu tull jye sempat ditarik karena mengandung Hidrokinon. Dulu, hidrokinon boleh ada di dalam kosmetik, setelah ada UU yang tidak memperbolehkan kandungan obat ada di kosmetik, akhirnya Tull jye reformulasi, dan mengubah Hidrokinon manjadi arbutin. Btw, bukan berarti hidrokinon itu gak aman lho. Dia aman akalau dipakai dibawah pengawasan dokter dan dibatasi jangka pakainya.

      Masalah permanen, gak ada tuh satupun krim pemutih di dunia ini yang bisa menimbulkan efek permanen. Semua sementara, kalau tidak dirawat dan tidak menggunakan sunblock, kulit yang sudah cerah bisa menghitam lagi. Intinya sih dirawat, kalau rajin pakai sunblock, gak usah pakai pemutih kulit bisa cerah dengan sendirinya. Dan setahu aku pemutih permanen itu adalah suntik SLC24A5 inhibitor, keamanan nya belum final karena cara kerjanya merubah genetik warna kulit asli kita.

      hth

      Delete
    2. terimakasih atas jawabannya. Tapi disini saya mencoba memaparkan fakta yang saya tahu ada disekitar saya. Saya mengatakan tentang kulit muka yang lebih hitam dari kulit bagian tubuh lainnya secara objektif bukan mengada ada atau prasangka semata (yang menurut saya ga ada untungnya bagi saya dengan menjelek-jelekkan orang lain).

      Delete
  19. mau tanya, klo ngandung steroid aman g? ciri2 krim yg ngandung steroin gmn efeknya? sy pernah baca kok muncul bulu2 halus area atas bibir pipi samping, trus klo kena panas matahari muka jd merah malah kliatan kusem item, apakah produk terkenal lulus bpom bisa diijinkan lolos jika mengandung steroid?
    trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Steroid hanya untuk dalam pengawasan dokter, say...

      Wah, secara fisik gak ada bedanya dong.... Kecuali kalau pemakaian jangka panjang disertai penyalahgunaan (abuse), akan timbul efek samping dengan ciri2 yg mbak/mas sebutkan di atas tadi.

      Gak dong, steroid itu kan golongan obat. Secara hukum, obat itu tidak boleh ada dalam kandungan kosmetik. Tentunya tidak akan diloloskan oleh bpom.

      Delete
  20. mba, mau tanya pernah dengar krim pemutih "ling zhi" ? itu berbahaya gak yah? pernah liat itu masuk krim yg mengandung merkuri menurut bpom, tp di kemasan ling zhi nya ada nomor POM nya, siapa tau ada info mohon dijawab, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau BPOM udah bilang mengandung merkuri, berarti emang betul itu berbahaya...

      Kalau masalah no. pom di kemasan, siapapun bisa bikin no.pom palsu. No pom palsu biasanya memang untuk mengecoh orang2 awam.

      So, hati2 lah.. :)

      Delete
  21. wah, baru tau ternyata tretinoin gak boleh ada di dalam kosmetik.. :(
    eh tapi, kalo tretinoin dipakai secara terpisah (misalnya pake vitacid waktu malam) boleh gak? soalnya saya banyak baca review bagus dari beauty blogger indonesia soal treatment pake tretinoin dan akhirnya ketularan pake tretinoin juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe harus dibedakan dong non mana obat mana kosmetik.

      Kalau kosmetik bebas memang tidak boleh mengandung unsur obat. Karena obat harus dijual dalam kemasan obat.

      Nah kalau vitacid, itu kan memang merek obat, bukan kosmetik, ya boleh2 aja dong dipake (tapi tentunya dengan aturan pakai yang ketat)

      Aku aja pake vitacid buat ngobatin jerawat, hehe....

      Tulisan di atas kan menyiroti tretinoin dalam kosmetik bebas. Bukan tretinoin sebagai obat.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. oke sip, makasih penjelasannya mom.. :)

      eh, nanya lagi dong mom,,
      kemaren selama hamil dan menyusui masih pake tretinoin apa gak? ada efek sampingnya kah?

      Delete
    4. aduh kalau hamil ya gak pake lah... -_-"

      Delete
  22. Assalamualaikum ..
    Mba, mau nanya nih. Kalo menurut mba, RDL Papaya Whitening Soap aman gak sih? Soalnya kata temen ku, kandungan bahan kimia dalam sabunnya itu berbahaya. Pas aku cek di kemasannya emang ga ada ingrednya, cuma ada tulisan "with vitamin A, C & E" tp ada label halal n BPOMnya. Jadi bingung nih mba .. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam..

      Telusuri saja nomer POM di situs BPOM... kalau valid, ya gak masalah, gak usah dengerin katanya2 :D

      kalau RDL yang cair (RDL babyface tonic) itu emang udah ditarik sama BPOM, soalnya kan mengandung tretinoin dan hidrokinon. Tretinoin dan hidrokinon gak boleh ada di dalam kosmetik bebas, harus dalam bentuk obat...

      Delete
  23. salam kenal sist,
    Infonya brguna ya... Boleh donk dicopy ke blog q gapapa kan dsrtai sumbernya. Hehe
    kunjungi blog sy ya http://rumahmoon-1991.blogspot.com makasih ^^

    ReplyDelete
  24. salam kenal sist,
    Infonya brguna ya... Boleh donk dicopy ke blog q gapapa kan dsrtai sumbernya. Hehe
    kunjungi blog sy ya http://rumahmoon-1991.blogspot.com makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, silahkan saja kalau disertai sumber :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  25. Assalammualaikum
    mbak mu nanya tapi curhat dikit ya. Beberapa hari yang lalu ada SPG yang nawarin perawatan skin care di tempat kerjaku, waktu itu sih bilangnya cuma mau cek kesehatan kulit aja, akhirnya aku dan teman2 cewek ikutan cek kulit.

    Habis dicek kulit tiap orang langsung diterangin tentang produk dan paket perawatn kulit berupa detox, facial, dll (gratis) kalo kita udah jadi member. Karena SPGnya ngomongnya cepet bgt n gak ngasih waktu buat kita tuk berfikir dengan sedikit pemaksaan mereka menawarkan agar kami mau di detox. Belum sempat bilang ya ato tidak si SPG itu dah langsung nge-Detox (proses Detoxnya cepet baget paling cm 10 mnt aj) setelah itu langsung deh kita ditawari produknya mau paket lengkap ato inti dengan harga yang fantastis. Dasarnya emang karena aku belum pernah yang namanya perawatn kulit ato pergi ke klinik2 skin care, akhirnya beli juga produknya seharga 600rb (krim pagi, krim malam, tabir surya, sabun muka cair, toner, bedak tabur).

    Mnrt mbak SPGnya produknya itu buatan PT L'essential, karena aku penasarn dengan produk itu, akhirnya browsing eh ternyata produknya PT L'essential itu merknya Theraskin, nah yang mau aku tanyakan disini apa mungkin perusahaan sebonafid L'essential bekerja sama dengan dr. Sp. KK ato klinik2 skin care untuk menjual produknya dan menganti merknya? Soalnya produk yang aku beli itu bukan Theraskin tapi merk lain cuma tercantum "diproduksi PT L'essential". Tolong kasih saran ya mbak kira2 produk itu bahaya gak mumpung belum terlambat

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum sis, aku baru aja ke skincare hayfa. Terus konsul sama dokter yg bertugas kemarin dan dia langsung menyarankan untuk menggunakan cream seperti yg tercantum diatas. Terus temen saya kasih link ini, saya jadi bingung. Kan disana ada dokternya, masa klinik sebesar itu dan gelarnya spKK membohongi publik dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumsalam

      1. krim yg tercantum di atas tuh yang mana ya?
      2. Iya, kemungkinan kecil kalau SpKK berbuat curang

      Delete
  28. Mbak ɑ̤̥̈̊ƙϋ mo tanya donk.. Baby lips, dodora lips, redpome, kosmetik yg eksis Βªªªήğȇȇ† dijual via online shop masuk deretan yg aman dan ponya izin BPOM? Produk MAC aman juga gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAC yang asli ya aman dong, kalau mau beli yg asli beli langsung di Grand Indonesia dll. Kalau mac-mac yg dijual di online shop itu buanyyyyyyakkk banget yg palsu dan harganya murah. Dodora dkk, aku gak tahu say..

      Delete
  29. nice info.... makasi....
    nitip lapak batik murah , berkualitas kunjungi www.naturalbatiksolo.com

    ReplyDelete
  30. mbak aku pengen tanya,,,muka ku ini kan sensitif berjerawat,,, trus aku coba pake babyface hydroquinone rdl no 3, awalnya bagus,,,, tpi pemakaian ke 4, muka ku merah,panas, dan skit,,,ini kira2 knp ya,,, apa babyface ini berbahaya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemakaian ke 4 itu maksudnya apa? Hari ke 4, apa botol ke 4?

      RDL babyface itu setahuku berisi hydroquinone dan tretinoin yang harusnya tidak boleh dijual bebas, harus dijual dalam bentuk obat dan melalui resep dokter apalagi kalau Hq dan tretinoin yang terkandung menggunakan dosis yang tinggi.

      RDL baby face itu beberapa tahun lalu pernah ditarik oleh BPOM dari peredaran, Sebebarbya bukan karena mengandung mercury dan zat berbahaya lagi, tetapi ya itu dia, karena mengandung tretinoiin dan HQ yang harus didapat dengan resep dokter.

      Apa yang terjadi coba kalau produk semacam itu beredar di tempat yang tidak semestinya? Ibu hamil, anak-anak, dan golongan orang yg tidak boleh memakai bisa menggunakannya. Atau, bisa menyebabkan penggunaan yang salah, misalnya saat memakai RDL baby face pada siang hari TIDAK menggunakan sunblock. Padahal, orang yg sedang menerima terapi Hq dan Tretinoin harus menggunakan sunblock di pagi-sore.

      Kalau merah dan panas itu sebenarnya reaksi umum pada orang yg gunakan produk yg mengandung tretinoin dan hydroquinone.

      TAPII kalau sudah mengeluh sakit dan sudah mengganggu, tandanya bukan tanda biasa. Ini bisa disebabkan:
      1. Salah pemakaian. Apa di siang hari kamu memakai sunblock dengan ketat??
      2. Efek samping. Kenapa? Karena yang kamu pakai itu adalah semacam obat dan setiap obat memiliki efek samping.
      3. Reaksi alergi.

      Saranku, hentikan pemakaian saja. Kalau kamu memang berjerawat, cukup pakai obat yang mengandung tretinoin gak usah pakai tambah-tambah pakai Hq segala. Merek tretinoin itu banyak contohnya vitacid dan Retin-A. Jangan lupa, SELALU baca aturan pakainya. OK

      Delete
  31. mbak kalau produk ranne itu gmana aman gak ??

    ReplyDelete
  32. Momzhak...Nice blog...jawabannya sgt2 berbobot...seneng bgt bacanya . Wise & smart

    ReplyDelete
  33. Halloo..nice posting sist..plg aman sih pake organic skin care rainforest n secret garden keluaran green mommy shop. Diambil dr ingredients yg mrp super skin food seperti grape seed oil,rose hip oil,seabuckthorn oil,aloe vera,sweet almond oil,lavender oil,n others skin food nutrition..perpaduan minyak nabati (essensial oil) dgn herbs asal negeri sendiri utk mengatasi sgl permasalahan kulit..bs dpakai jangka panjang tnp efek samping,aman,halal,apalg bwt bumil n busui..bangga bs pakai produk organik dlm negeri sdri. Saya jg pakai untuk perawatan shari2 sdri,kulit mjd lbh sehat,cerah,flawless,glowing,kencang. Blm ada produk yg slengkap ini nutrisinya. Utk pemesanan bs ke pin bb 52223A27..try it..coz our skin is the largest organ,so why not feed it?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, sebelum anda spam di sini, saya sudah sering menggunakan produk dari GMS. Saya biasa beli carier oil atau essential oil dari GMS karena relatif murah. Untuk perihal bahan-bahan yang kontroversial, saya punya pandangan dan pendapat tersendiri. Terimakasih.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...